June 13, 2021

RADIOTEMA

MEDIA INFORMASI TERUPDATE

Kaya nutrisi, ini 5 manfaat buah bit untuk kesehatan


RADIOTEMA – JAKARTA. Buah bit adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi. Dengan mengonsumsi buah bit, kebutuhan tubuh akan berbagai macam nutrisi bisa terpenuhi. Manfaat buah bit lainnya adalah mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan bergizi yang lain.

Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan bahwa buah bit memiliki kandungan lemak dan sodium yang sedikit. Artinya, jenis makanan itu bisa Anda konsumsi secara rutin. Tidak berhenti sampai di situ, buah juga mengandung vitamin K, kalsium, serat, dan lain-lain.

Sebaiknya, jangan mengonsumsi jus buah bit dalam jumlah yang berlebihan. Tujuannya supaya tidak ada efek samping yang perlu Anda alami. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dulu perihal dosis buah bit yang bisa Anda konsumsi. Dengan begitu, manfaat berikut bisa Anda dapat secara maksimal.

Bagus untuk Ibu Hamil

Buah bit tergolong salah satu jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil secara rutin. Asam folat yang terkandung dalam buah bit baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, buah bit juga dipenuhi dengan nitrat yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Ini 8 buah yang bisa menurunkan darah tinggi secara alami

Mengontrol Jumlah Gula Darah

Manfaat buah bit berikutnya adalah mampu menurunkan gula darah secara efektif. Menurut sebuah penelitian, lonjakan jumlah gula darah setelah makan menjadi lebih terkontrol setelah Anda mengonsumsi buah bit. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin.

Mencegah Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, ada semakin banyak tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit. Jika Anda mengalami hal itu, cobalah untuk mengatasinya dengan buah bit. Mengutip dari Stylecraze, buah bit memiliki banyak vitamin A, karotenoid, dan jenis antioksidan yang lain.

Kandungan-kandungan itu mampu melawan serangan radikal bebas yang memunculkan tanda-tanda penuaan. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apakah Anda penderita hipertensi? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi buah bit secara rutin. Manfaat buah bit itu berasal dari kandungan nitrat. Saat diproses dalam tubuh, nitrat bisa memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, mengonsumsi buah bit juga bisa menurunkan risiko stroke, gagal jantung, dan penyakit jantung yang lain. Cobalah untuk minum 250 ml jus buah bit setiap hari supaya manfaat itu bisa Anda rasakan.

Baca Juga: Ini jus buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat buah bit adalah menjaga kesehatan kulit.

Khasiat buah bit lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis makanan itu mampu menjaga kesehatan kulit Anda. Vitamin A yang terkandung dalam buah bit mampu meningkatkan regenerasi sel kulit. Di sisi lain, vitamin C bertugas untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga kondisi kulit lebih terjaga.

Editor: Belladina Biananda



Source link