June 13, 2021

RADIOTEMA

MEDIA INFORMASI TERUPDATE

Fitur penghemat data di Google Meet tersedia di Android dan iOS mulai hari ini


RADIOTEMA – Fitur Google Meet yang bertujuan untuk menghemat data kini sudah bisa dijajal di Android dan iOS. Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna untuk meminimalisir penggunaan data ketika melakukan panggilan video atau meeting online.

Sempat diumumkan bulan lalu, akhirnya fitur penghemat data di Google Meet rilis juga bulan ini. Sudah tersedia di aplikasi Google Meet, Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut supaya bisa menghemat penggunaan data.

Mengutip dari 9to5Google.com, Google Meet versi 2021.04.18 untuk Android menambahkan fitur bernama “Limit data usage“, sebuah opsi di pengaturan.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghemat penggunaan data internet ketika melakukan panggilan video. Meskipun demikian, user masih bisa mendapatkan pengalaman terbaik ketika melakukan panggilan video atau meeting online meskipun mengaktifkan fitur penghemat data.

ILUSTRASI: Google Meet

Selain menghemat penggunaan data internet, fitur ini juga mengurangi penggunaan beban CPU dan memori di HP Android Anda. Berikut benefit yang didapatkan ketika mengaktifkan fitur “Limit data usage” atau penghemat data:

  • Meminimalisir penggunaan paket data
  • Irit baterai
  • Meminimalisir beban CPU dan memori HP

Cara mengaktifkan fitur tersebut juga cukup mudah. Anda tinggal masuk ke pengaturan atau Settings. Terdapat opsi “Limit data usage” yang bisa Anda aktifkan atau nonaktifkan.

Menurut 9to5Google.com, fitur penghemat data di Google Meet untuk Android dan iOS ini mulai tersedia hari ini dan tersedia untuk user lebih banyak lagi dalam beberapa minggu ke depan.

Jadi apabila fitur tersebut belum muncul di Google Meet Anda, kemungkinan bakal tersedia dalam beberapa minggu ke depan.

Adapun fitur ini tersedia untuk pengguna Google Workspace, seperti Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Frontline, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Plus, Nonprofits, Cloud Identify Free, Cloud Indentity Premium. 

Tersedia juga untuk seluruh kustomer Google Workspace, termasuk G Suite Basic dan kustomer Business.



Source link