June 13, 2021

RADIOTEMA

MEDIA INFORMASI TERUPDATE

harga daging sapi masih relatif tinggi


ILUSTRASI. Harga daging sapi masih tinggi jelang Lebaran

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Anna Suci Perwitasari

RADIOTEMA – JAKARTA. Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) melakukan pemantauan harga bahan-bahan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri di Indonesia, yang dilakukan sejak akhir Maret hingga awal April lalu. 

Dari hasil pemantauan tersebut, Deputi Bidang Kajian dan Advokasi KPPU Taufik Ariyanto  mengatakan, beberapa harga komoditas pangan yang sempat naik seperti ayam dan cabai sudah menurun dan relatif stabil. Tetapi KPPU menyebut, harga daging sapi masih cenderung tinggi.

“Memang beberapa komoditas sudah relatif stabil tetapi catatan kami  daging sapi yang sifatnya mungkin sudah mengalami penurunan gejolak tapi cenderung stabil di level yang tinggi,” ujar Taufik dalam media gathering KPPU, Kamis (6/5).

Lebih lanjut dia bilang, saat ini harga daging sapi segar sekitar Rp 130.000 hingga Rp 140.000 per kg. Melihat hal ini Taufik pun meminta agar harga komoditas yang masih tinggi ini menjadi perhatian pemerintah.

“Ini mungkin menjadi pekerja rumah selanjutnya untuk pengambil kebijakan menyikapi beberapa komoditi yang walaupun gejolak harganya sudah stabil tetapi belum kembali ke level sebelum atau level harga yang normal,” jelas Taufik.

Baca Juga: Seminggu jelang Lebaran, harga sejumlah bahan pangan kembali naik

Adapun, selama proses pengawasan, KPPU menyimpulkan bahwa fluktuasi harga komoditas bahan pokok masih dalam tataran wajar, dan belum ditemukan adanya potensi pelanggaran persaingan usaha dalam penjualan tersebut.

Dalam pengawasan, KPPU menemukan gejolak harga bahan pokok yang terjadi jelang lebaran cenderung dipengaruhi oleh distribusi yang mulai dilakukan pengetatan oleh Pemerintah. Terlebih Pemerintah resmi melakukan penyekatan keluar masuk orang di sejumlah wilayah, dimulai pada tanggal 6 Mei 2021.

Secara rata-rata, fluktuasi masih terjadi di komoditas daging sapi, ayam, dan cabai. Gejolak harga ini juga dipengaruhi oleh masa panen di beberapa bahan pokok dan meningkatnya permintaan konsumen selama satu bulan terakhir terhadap bahan pokok jelang Lebaran.

Tak hanya itu, meningkatnya harga pangan juga disebabkan dari harga dasar sebelum importasi beberapa barang melonjak, serta panjangnya rantai pasok sampai ke konsumen akhir.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di RADIOTEMA Store.





Source link